Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli Indonesia

Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli Indonesia 


Pengertian Politik dan Ilmu Politik Menurut Para Ahli – Secara umum Politik dapat di artikan sebagai proses pembentukan serta pembagian mengenai akan kekuasaan di dalam masyarakat atau negara yang terkait diantaranya seperti yang membuat berjalanna proses keputusan.
Pengertian secara umum tersebut adalah upaya yang di lakukan dalam penggabungan di berbagai definisi yang berbeda-beda dalam hakikat politik itu sendiri atau para ahli menyebutnya sebagai Ilmu Politik. Bisa di simpulkan dari pembahasan di atas bahwasanya Politik ialah suatu seni atau ilmu yang secara khusus mempelajari dalam meraih kesuksesan dengan metode konstitusional atau nonkonstitusional.
  • Miriam Budiardjo: Menurut Miriam Budiardjo, bahwa pengertian ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari tentang perpolitikan. Politik diartikan sebagai usaha-usaha untuk mencapai kehidupan yang baik. Orang Yunani seperti plato dan aristoteles menyebutnya sebagai en dam onia atau the good life (kehidupan yang baik). 
  • Deliar Noer: Pengertian ilmu politik menurut Deliar Noer yang dalam buku pengantar pemikiran politik, ilmu politik memusatkan perhatian pada masalah kekuasaan dalam kehidupan bersama atau masyarakat. 
  • Sri Sumantri: Pengertian ilmu politik menurut Sri Sumantri bahwa ilmu politik adalah pelembagaan dari hubungan antar manusia yang dilembagakan dalam bermacam-macam badan politik baik suprastruktur politik dan infrastruktur politik.  
  • Ramlan Surbakti: Pengertian ilmu politik menurut Ramlan Surbakti adalah interaksi antara pemerintah dan masyarakat, dalam rangka proses pembuatan dan pelaksanaan keputusan yang mengikat tentang kebaikan bersama masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu. 
  • Kosasih Djahiri: Pengertian ilmu politik menurut Kosasih Djahiri bahwa ilmu politik melihat kekuasaan sebagai inti dari politik melahirkan sejumlah teori mengenai cara memperoleh dan melaksanakan kekuasaan. Sebenarnya setiap individu tidak dapat lepas dari kekuasaan, sebab memengaruhi seseorang atau sekelompok orang yang dapat menampilkan laku seperti yang diinginkan oleh seseorang atau pihak yang memengaruhi. 
  • Idrus Affandi: Menurut Idrus Affandi, pengertian ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari kumpulan manusia yang hidup teratur dan memiliki tujuan yang sama dalam ikatan negara. 
  • Wirjono Projodikoro
    Menyatakan bahwa “Sifat terpenting dari bidang politik adalah penggunaan kekuasaan oleh suatu golongan anggota masyarakat terhadap golongan lain. Dalam ilmu politik selalu ada kekuasaan atau kekuatan.
  • Pengertian Ilmu Politik Secara Umum                                                                                                          Pengertian Ilmu Politik adalah cabang ilmu sosial yang membahas mengenai teori dan praktik politik serta gambaran dan analisis mengenai sistem politik dan perilaku politik.
Pada dasarnya untuk bisa memahami politik anda harus tahu kuncinya, yakni :
legitimasi, Kegiatan Politik, Partisipan Politik, Proses Politik, Kekuasaan, legitimasi yang juga beberapa yang paling penting lainnya adalah mengetahui mengenai seluk beluk dari partai politik.
Melihat dari segi etimologi “politik” bisa di bilang masih erat hubungannya dengan politisi dan kebijakan. Yang mana kata “politis” yang masih terkait dengan berbagai unsur politik sedangkan kata “politisi” sendiri adalah orang yang pekerjaannya dalam hal Politik.
Selain itu, Politik pun bisa dilihat dari sudut pandangan yang berbeda-beda, diantaranya adalah :
  • Politik merupakan usaha yang di lakukan oleh warga negara untuk mencapai kebaikan bersama (teori klasik Aristoteles)
  • Politik dapat diartikan pula yang masih ada hubungannya dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara
  • Politik adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan serta mempertahankan kekuasaan di dalam masyarakat
  • Lalu yang terakhir, Politik bisa di artikan yakni suatu proses penentuan serta pelaksanaan kebijakan publik.

Referensi: Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli
  • Dasar Dasar Ilmu Politik oleh  Prof. Miriam Budiardjo tahun 1982, PT Gramedia: Jakarta Pengantar Ilmu Politik oleh Seta Basri, 2011, Indie Book Corner: Jokjakarta.
  • May Rudy, 2003. Pengantar Ilmu Politik (Wawasan Pemikiran dan Kegunaannya). Penerbit PT Refika Aditama : Bandung.

0 comentários: